Senin, 19 September 2011

Memperbaiki pipa kapiler pada alat mesin pendingin

Beberapa penyebab kerusakan kulkas adalah salah satunya pipa kapiler mampet/buntu pada pipa kapiler nya.ukuran pipa kapiler kulkas adalah 0,26" - 0,30" sangat kecil sekali sehingga apabila terdapat kotoran/ oli kompresor yang terjebak ke dalam pipa tsb dapat mengakibatkan kebuntuan pada mesin pendingin ini, sehingga kulkas tidak bisa dingin.

Untuk memperbaiki kulkas dalam hal ini sangat perlu kesabaran dan ke hati-hatian dalam pengerjaanya karena walaupun
pipa kapiler sudah di ganti dengan yang baru namun bila salah dalam pengisian freon kulkas juga bisa menyebabkan pipa kapiler ini akan mampet kembali, Bila terjadi kebuntuan pada pipa kapiler dapat di atasi dengan cara flushing Pipa kapiler kulas, fushing ini umum di lakukan untuk membersihkan jalur sirkuit pada mesin pendingin seperti AC, KULKAS Dll.

Cara penggantian pipa kapiler kulkas memang sangat sulit di lakukan bagi yang belum tahu, Banyak sekali orang yang tahu tapi sedikit yang mau kasih tahu *kasih tempe teruss* tapi kalao sudah tahu sih sebenarnya mudah sekali, karena posisi/penempatan pipa kapiler kulkas ini ngumpet di dalam body kulkas.

Langkah penggantian pipa kapiler kulkas
  • Buka cover kulkas depan
  • Lepaskan dengan alat las pipa pipa yang terhubung ke evaporator kulkas
  • Bersihkan evaporator kulkas dengan cara di flushing
  • Bersihkan jalur pipa-pipa lainnya
  • Buat lubang pada belakang body kulkas *pojok atas kiri* dengan alat bor
  • Siapkan pipa kapiler yang baru, panjang sesuaikan dengan tinggi kulkas
  • Masukan ujung pipa kapiler *atas* ke lubang tsb
  • Sambung dengan las pipa kapiler yang baru pada evaporator kulkas
  • Tarik ujung pipa kapiler *bawah* nya dan sambung ke filter kulkas
  • Setelah semua pipa sudah terpasang lakukan pemakuman kulkas
  • Kemudian di lanjut dengan pengisian freon kulkas
Menentukan tempat pemasangan AC
Dalam hal pemasangan AC sangat di anjurkan untuk memperhatikan posisi/letak pemasangan AC agar terlihat cantik dan dinamis juga menambah kesan ruangan menjadi indah, karena jangan sampai setelah AC di pasang malahan akan mengganggu kenyamanan dan kesulitan untuk Perawatan AC.

Beberapa hal yang harus di hindari pada saat menentukan lokasi pemasangan AC:
  • Gas yang mudah terbakar
  • Udara yang mengandung kadar garam tinggi
  • Oli mesin
  • kondisi lingkungan khusus

Tips dan Cara menentukan lokasi pemasangan AC yang baik (agar AC tahan lama dan awet) :

Unit dalam (Indoor AC)
  1. Tempat yang tidak menghalangi udara masuk dan keluar
pemasangan indoor ac jangan terlalu rapat dengan atap plafon + 15 cm dari atap
  1. Pasang indoor AC pada tempat yang dapat menahan beratnya unit
hati2 bila memasang pada dinding yang memakai Batako
  1. Pilih posisi yang memudahkan pemasangan pipa dan kabel kabel yang menuju unit luar (outdoor)
untuk menhindari banyaknya tekukan tekukan pipa AC
  1. Sediakan tempat yang cukup luas untuk memudahkan perawatan rutin (filter indoor) dan pelepasan cashing indoor pada saar service AC
  2. Pastikan buangan air AC mengalir dengan baik dan benar
untuk menghindari terjadinya luapan air buangan ac ke dalam unit indoor.
  1. Pasang unit dalam (indoor) pada dinding minimal jarak 2,5 meter dari lantai

Unit luar (Outdoor AC)
  1. Unit luar tidak boleh di pasang terbalik karena oli pelumas kompresor akan masuk ke sirkuit pendingin sehinggga dapat merusak unit AC
  2. Pilih tempat terbuka dan kering dan hindari dari sumber panas matahari langsung
  3. Pasang di tempat yang tidak menggangu jalan (bila rumah di dalam Gang senggol)
  4. Pilih posisi yang mudah dalam penyambungan pipa ac yang terhubung ke indoor AC, Panjang pipa minimal 5 meter dan maximal 15 meter (lebih dari itu jangan pasang AC)
  5. Tempatkan unit luar pada posisi yang dapat membuang udara secara bebas agar udara panas outdoor tidak feedback
  6. Pilih tempat yang suara operasi AC dan hembusan udara outdoor tidak menggangu tetangga
  7. Buat jarak pemasangan outdoor ac yang memudahkan dalam hal perawatan ac
  8. Jika unit luar (outdoor) di pasang terlalu tinggi, perhatikan kekuatan bracket penyangganya

Jika pemasangan instalasi pipa ac melewati atap rumah (di atas plafon) usahakan agar pipa pipa ac tersebut di balut kembali dengan ductape ac (isolasi) untuk menghindari kondensasi ac yang dapat merusak plafon, jika ingin di pendam di dalam tembok usahakan terbungkus di dalam pipa pvc karena kondensasi ac ini lama kelamaan akan membuat tembok menjadi rusak dan berlumut.

AC Panel
http://3.bp.blogspot.com/_MtPShF3aUKw/TPWZDxkdaRI/AAAAAAAAAeg/w-Ncwzf19r0/s200/AC+Panel.jpg
AC Panel ini biasa di gunakan di suatu perusahaan, sebagai pendingin ruangan panel control sistem suatu mesin produksi, tak jarang di antara perusahaan tersebut yang mempunyai stock cadangan AC Panel jikalau sewaktu waktu AC Panel yang terpasang terdapat masalah kerusakan pada AC nya maka tinggal mengambil stock AC dan langsung pasang sehingga tidak mengganggu jalan nya produksi di Pabrik tersebut.


AC Panel ini fungsi nya sama dengan Cooling Fan yang sudah pernah saya posting sebelumnya cuma beda bentuk dan letak posisi pemasangannya saja.
Pada AC Panel ini dilengkapi oleh beberapa bagian Diantaranya :
  1. Kompresor
  2. Evaporator kondensor
  3. Dua buah Motor Fan
  4. Evaporator Indoor
  5. Blower fan indoor
  6. Dual pressure control
  7. Termostat
  8. Filter drier
  9. Overload
  10. PTC Relay
  11. overload
  12. kapasitor
http://4.bp.blogspot.com/_MtPShF3aUKw/TPWfsk0eb5I/AAAAAAAAAeo/E0n8z3vl2hM/s320/IMG0278A.jpg
http://3.bp.blogspot.com/_MtPShF3aUKw/TPWfxiTo4CI/AAAAAAAAAes/RMdTfl48VC0/s320/IMG0284A.jpg
http://1.bp.blogspot.com/_MtPShF3aUKw/TPWgFK8hjhI/AAAAAAAAAew/1LOh8cPwjlM/s320/IMG0283A.jpg

Itulah beberapa bagian bagian AC panel lengkap dengan isi dalemannya sob...mohon maaf gambarnya di marking perawatan-ac.blogspot.com guna menghindari kecolongan (seperti yang terjadi bulan lalu) gambar yang di publish oleh blog http://andiriteknik.blogspot.com/ tanpa konfirmasi ataupun sumbernya, untuk foto-foto AC yang di postingan lama sementara saya hapus dulu.

Low dan high pressure control
Di setiap mesin apapun pasti mempunyai alat proteksi untuk menghindari terjadinya kerusakan fatal pada mesin tersebut, begitupula dalam Mesin Air Conditioner (AC). Pada beberapa jenis AC yang memiliki DAYA PK besar sudah tentu di lengkapi alat yang namanya pressure control/ pengontrol tekanan refrigrant.

Pressure control adalah berfungsi untuk menjalankan dan menghentikan kompresor pada saat normal dan pada saat terjadi tekanan yang abnormal.

Pressure control ini terdiri dari:
  1. Low presure control (LPC)
Low pressure control berfungsi untuk memberikan perlindungan terhadapa adanya tekanan rendah yang berlebihan.
  1. High pressure control (HPC)
High pressure control berfungsi untuk memberikan perlindungan terhadap adanya tekanan tinggi yang berlebihan.
Pressure control ini yang terpisah yaitu single pressure control (low press atau high press), dan ada juga yang di kombinasikan kedalam satu unit biasa di sebut Dual pressure control. Untuk yang Type Single pressure control biasanya terdapat pada jenis jenis AC Panel, walaupun ada juga yang menggunakan Dual pressure low dan high pressure control.
Cara kerja Alat ini pada:
- Low pressure control (LPC) kontaknya normaly closed (NC) akan terbuka bila terjadi penurunan tekanan di bawah settingannya, misalnya pada Low press ini di setting pada tekanan 35 psi maka bila di bawah tekanan tersebut kontak ini akan membuka dan otomatis akan memutus arus yang masuk ke kompresor sehingga kompresor langsung mati.
- High Pressure control (HPC) kontaknya normaly closed (NC) akan terbuka bila terjadi tekanan tinggi yang berlebihan diatas settingan HPC, misalnya HPC ini di sett pada 300 psi maka kontak NC akan membuka dan memutus arus jika terjadi tekanan yang melebihi setingan.

Settingan low dan high pressure control sudah di setting sesuai bawaan standar pabrik (factory setting) namun kita masih bisa merubahnya jika memang di rasa perlu.

Penyebab kerusakan kulkas 2 pintu
Lemari es  2 pintu atau biasa di sebut dengan kulkas tanpa bunga es (no frost) ini kini makin banyak di gemari orang pada lemari es jenis ini dapat mendinginkan makanan dan minuman ataupun sayur mayur yang  di dalamnya akan menjadi lebih segar, di samping itu model no frost ini tidak akan membentuk bunga es , lain halnya dengan kulkas 1 pintu yang selalu terjadi penumpukan bunga es, sehingga pada saat mengambil es batu ataupun makanan akan mejadi sukar sekali di ambilnya karena lengket oleh bunga es tersebut, bahkan kadangkala evaporator kulkas ini bisa bocor karena terkena tusukan benda tajam.
Beberapa hal yang kerap kali menjadi masalah pada
kulkas no frost ini adalah antara lain terjadinya bunga es pada evaporator kulkas yang menyebabkan kulkas tidak dapat menyegarkan isi di dalam kulkas tersebut.

Hal ini di sebabkan karena :
1. Heater tidak berfungsi dengan baik (rusak), Jika hetaer mengalami kerusakan maka bunga es yang sudah terbentuk pada evaporator kulkas tidak akan dapat mencair.
2. Timer kulkas sudah rusak, Timer kulkas ini yang yang menghubungkan kompresor bekerja dan heater bekerja (silih berganti)
3. Kipas evaporator mati, Jika kipas evaporator ini rusak bisa juga menyebakan kulkas menjadi tidak dingin karena evaporator yang sudah dingin tidak di hembuskan  ke dalam kulkas oleh kipas ini sehingga lama kelamaan akan terbentuk bunga es.

Satu sama lain perangkat kulkas tersebut saling berkaitan, jadi jika kulkas anda mengalami gejala tersebut segeralah periksakan beberapa spare part tersebut diatas.

Katup ekspansi
Katup expansi adalah untuk menghilangkan tekanan tinggi refrigerant yang masih berwujud cair dan merubahnya menjadi bertekanan rendah dan berubah bentuk menjadi gas., bias juga di sebut sebagai katup meter refrigerant.

Sebagai cairan tekanan tinggi, titik didih refrigeran telah dibangkitkan dalam proporsi langsung dengan tekanannya. Ini memiliki kandungan panas terkonsentrasi menjadi area kecil, menaikkan suhu refrigeran lebih tinggi dari udara melewati kondensor.Panas ini kemudian akan transfer dari refrigeran lebih hangat ke udara dingin, yang akan di teruskan ke dalam evaporator indoor, pada AC yang berskala PK kecil menggunakan
pipa kapiler yang akan merubah wujud refrigerant cair menjadi gas.

Tekanan refrigerant cair yang keluar dari kompresor bertekanan tinggi berkisar 250 ~ 300 psi lalu masuk melalui katup ekspansi ini dan akan keluar melalui katup ekspansi menjadi tekanan rendah hingga 65 ~ 75 psi tergantung berapa banyak refrigerant yang di isi kedalam
kompresor.

Penyebab kerusakan AC
Kerusakan-kerusakan pada Air Conditioner salah satu penyebabnya adalah karena kurangnya perawatan ac, pada indoor AC debu yang sudah menebal dan menumpuk pada sirip sirip evaporator indoor sehingga udara di dalam ruangan tidak dapat di serap panasnya oleh evaporator. yang menyebabkan lampu indor berkedip-kedip *disco* hal ini di sebabkan karena 2 hal yaitu:
1. kerusakan pada
termis dan termostat
Hal ini pernah terjadi pada AC merk samsung, seperti yang banyak di pertanyakan di kotak komentar. pada saat AC di hidupkan lampu power menyala namun pada saat rellay bekerja hendak mengirim arus ke outdoor AC langsung mati dan lampu pada display yang terdapat pada indoor berkedip-kedip hal ini menandakan kinerja termis dan termostat sudah mulai rusak.
2. kerusakan pada receiver remote (sensor)
Pada saat hendak menoperasikan AC dengan menekan tombol power on pada remote ac tidak dapat hidup/berfungsi dengan semestinya, ini bisa disebabkan terdapat kerusakan pada sistem control/sensor ac, karena pada saat mengoperasikan AC secara manual maka ac dapat hidup kembali. jika terdapat gejala hal seperti ini lakukanlah pengecekan dengan dua cara:
1. Check dahulu remote ac apakah masih berfungsi dengan baik..!
cara mengecek remote AC.
2. Jika remote AC di pastikan masih dalam kondisi bagus/baik maka check pada sensor ac/receiver remote pada indoor ac, gantilah bagian sensor ac yang rusak tersebut sesuai dengan aslinya.

Pada beberapa merk AC sudah ada yang menjual control sensor ac (1 paket), namun ada juga yang harus memesan dahulu pada service center pabrikan AC tersebut.

Cara menambal kulkas bocor
Jila pada bagian vaporator kulkas terjadi kebocoran maka kulkas tidak akan dapat membekukan sesuatu didalamnya. Pada penutup frezzer biasanya sudah terdapat peringatan untuk tidak mengambil ES batu atau membersihkan nya dengan benda tajam untuk menghindari terjadi kebocoran pada evaporatornya, namun masih banyak aja orang yang mengindahkan peringatan tsb, dengan mencongkel es batu dengan pisau atau benda tajam lainnya. dan dengan kejadian tsb Bengkel kulkas jadi laku dehhh.., Bagaimana cara memperbaiki bila evaporator pada kulkas bocor akibat terkena benda tajam..?? berikut sedikit tips yang akan ane share di sini smoga bermanfaat dan berguna buat kita semua Cara menambal evaporator kulkas Aat-alat yang di butuhkan: 1. Blender LAS *untuk pengelasan* bisa menggunakan gas hicook (las kecil) 2. Lacostick *alat yang di gunakan untuk menambal evaporator* 3. Freon R134a *umumnya freon yang di pakai pada kulkas* 4. DLL *peralatan yang biasa di gunakan untuk service AC* Cara menambal ban evaporator bocor
  1. Lepaskan sambungan pipa-pipa evaporator dengan menggunakan las hicook yang terhubung ke kondensor kulkas
  2. Bersihkan bagian evaporator yang bocor (amplas pada evaporatornya agar lacostick dapat melekat erat).
  3. Bersihkan evaporator dari oli yang sudah terlanjur masuk kedalamnya akibat kebocoran. cara membersihkan oli (flushing)pada sistemnya bisa baca disini
  4. Setelah bagian yang bocor sudah bersih semuanya *luar dalem* Panaskan area lubang yang bocor yang sudah di amplas dengan blender las hicook.
  5. Lalu jika area tsb sudah panas (memerah) tempelkan Lacostick tersebut dengan cara mengoleskan pada keliling area yang bocor tadi.
  6. Tunggu sekitar 15~20 menit hingga Lacostik tsb mengeras.
  7. Sambil menunggu lem nya merekat erat, persiapkan peralatan untuk menyambung pipa pipa kulkas dan pemasangan pentil pada kompresor
  8. Check kembali dengan air sabun pada bagian yang bocor apakah masih ada kebocoran..??
  9. Nah jika semuanya sudah beres semua tinggal dilanjutkan dengan mengisi freon kulkas sebelum mengisi freon kulkas terlebih dahulu lakukan pemakumam pada kulkas.
  10. Hidupkan kulkas dan perhatikan pada evaporatornya: a. Raba-raba bagian evaporator jika terasa lengket2 pada evap nya berarti kulkas sudah oke, dan pada bagian luar sisi kulkas akan terasa hangat-hangat kuku.
Cara tersebut lebih menghemat biaya ketimbang harus membeli evaporator kulkas yang baru, kekuatan penambalan eavaporator ini tergantung pada saat pengerjaannya jika di lakukan dengan baik kulkas dapat bertahan lama seperti sediakala, namun bila kurang sempurna pengerjaannya maka hasilnya pun kulkas tidak bertahan lama akan bocor kembali.

4 komentar:

  1. mau tanya lacostik apa bisa diganti yg lain?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa saja diganti dengan yang lain asalkan sesuai dengan evaporator yang digunakan...
      karena lacostik sering digunakan untuk mengelem evaporator
      yang berbahan alumunium dengan sistem tekanan evaporasi tertentu...
      semakin tekanan yang dihasilkan tinggi maka tidak disarankan menggunakan Lacostik

      Hapus
  2. gimana cara menentukan ukuran kapiler untuk ac 2pk,,, kapilernya ukuran berapa trus panjang nya berapa,,,, rumus penghitungan nya gimana,,,

    BalasHapus
  3. Minta ijin tuk men'share' artikel anda yg bagus" ini donx, gan.
    Dengan sumber dan linkback ke blog agan....

    BalasHapus