Sabtu, 17 Desember 2011

Jenis dan Cara Perawatan Ikan Mas Koki

"Hai, pernah denger mahluk air yang namanya ikan maskoki gak? "


Klo ga pernah denger kebangeten banget!
Nah kali ini saya akan membahas salah satu jenis ikan yang lucu, gendut, dan empuk klo dipegang2x ( dont try at home). Yap saya akan ngebahas all about ikan Mas Koki.
Ikan maskoki  itu nenek moyangnya berasal dari China. Masyarakat China dulu sering memelihara ikan maskoki hanya di atas wadah mangkok keramik (kejem amad -_-“). Lalu perkembangan ikan ini menjadi sangat pesat sebab, bentuknya lucu , imut, dan jinak.
Berikut jenis jenis ikan maskoki yang banyak beredar di pasaran, termasuk Indonesia ^_^.

   jenis-Jenis Ikan Maskoki
 
1. GAMBAR Pearl Scale (Sisik Mutiara)

1. Pearl Scale (Sisik Mutiara)
Ikan maskoki jenis ini dicirkan dengan sisik tubuhnya yang mencuat  seperti mutiara. Ikan ini sangat unik sebab dari semua jenis ikan maskoki , ikan inilah yg paling gendut bundar seperti bola kasti. Saya pernah memegang ikan ini saat akan mengganti akuarium, bunder banget trus empuk2x gitu, jadi saya takud :v wakkakakak. Ikan ini sangat jinak dan tidak gampang stress. Pearscale berenangnya lambat sebab perutnya gendut. Jadi dia geal geol gitu kalau berenang :3. Anakan ikan ini dijual seharga 5 ribu , versi dewasanya bias mencapai harga 50 ribu.


 
2. GAMBAR Ranchu Rajanya Maskoki

2. Ranchu
Ikan ini disebut sebagai rajanya ikan mas koki, sebab struktur tulang ikan ini sangat kuat, ikan jenis ranchu sangat khas dengan tidak adanya sirip punggung atas, sehingga punggungnya berbentuk seperti busur panah sempurna , serta jambul di seluruh muka nya. Ikan  maskoki  jenis ini saat masih anakan dijual seharga 5ribu rupiah, namun jika sudah dewasa dan bentuk tubuhnya sempurna harganya bias mencapai 100rb – 250 ribu per ekor.  (o.O)” (mahal amat yak)

 
3.GAMBAR Black Moor

3. Black Moor
Ikan maskoki jenis black moor biasanya ada di dalam aquarium masyarakat China. Sebab masyarakat China percaya jenis maskoki black moor bias menolak energy negatif dan bisa menolak bala. ( bisa nolak santed juga ngak ya??). wajib punya nih :3 hehehe.

 
4. GAMBAR Bubble Eyes (mata balon)

4. Bubble Eyes (mata balon) 
Bweeeekk , wakakak, ikan ini klo dilihat dari depan seperti sedang meledek kita. Eh tapi sebenarnya enggak loh. Emang dari lahir mukanya udah begini. Ikan maskoki jenis bubble eyes ini dicirikan dengan adanya gelembung seperti jelly yg tumbuh membesar dari  bagian bawah mata.  Lucu banget kan…. ^_^



 
5. GAMBAR Crown Pearl Scale (Sisik Mutiara Berjambul)

5. Crown Pearl Scale (Sisik Mutiara Berjambul)
Memiliki bentuk tubuh seperti pearl scale biasa, hanya pada bagian kepala terdapat jambul yang bentuknya seperti seperti balon, unyuk unyuk lucu banget sih..

 
6. GAMBAR Lionhead (Kepala singa)

6. Lionhead (Kepala singa)
Sepintas ikan ini mirip dengan ranchu, akan tetapi perbedaannya terletak pada jambul yang hanya terletak di atas kepala, jadi jambul tidak menutupi seluruh bagian muka ikan, di tangerang jarang ada yang jual...


 
7. GAMBAR Oranda

7. Oranda
Maskoki jenis Oranda adalah ikan maskoki yang mempunyai jambul di seluruh kepala yang paling besar seperti jelly. Ikan maskoki jenis ini yg paling popular di Indonesia.  Ikan ini tidak gampang stress loh ^^. Fungsi gumpalan jelly di seluruh muka nya untuk melindungi kepala ikan dari benturan. ( emangnya banteng -_-“). Ikan ini sangat rakus terhadap makanan.


 
8. GAMBAR Red Cap Oranda

8. Red Cap Oranda
Ikan ini termasuk ikan yang populer di dunia loh. bentuknya mirip dengan maskoki Oranda, hanya seluruh warna tubuhnya berwarna putih dan jambul merah di atas kepalanya.


 
9. GAMBAR Ryukin

9. Ryukin
Ikan hasil budidaya di Jepang ini bentuk tubuhnya bulat gempal. bersirip punggung tinggi dan berekor panjang. Keunikannya terletak pada bentuk tubuh bulat dan sirip ekor terangkat tinggi mirip ekor burung merak. Jika dipandang dari belakang ekornya berbentuk huruf X.


 
10. GAMBAR Telescope eyes

10. Telescope eyes
Maskoki ini bentuk tubuhnya gempal, punggung agak bungkuk dihiasi sirip punggung. ekornya panjang dan berujung transnparan. Ciri khas maskoki ini adalah pada bentuk matanya yang menonjol seperti telescope.

 
11.GAMBAR Tosakin

 
11. Tosakin
Ikan tosa ini biasanya dipelihara di kolam, karena keindahannya akan tampak jika di lihat dari atas. Keunggulan maskoki ini terdapat pada sirip ekornya yang panjang dan melebar melebihi panjang tubuhnya sendiri,  Ikan maskoki jenis ini dicirikan dengan punggung yang menukik seperti punuk ikan, jadi dengan punuk yang seperti itu ikan maskoki ini akan kelihatan SANGAT LUCU saat berenang. Dari semua jenis ikan maskoki jenis tosakin agak sedikit aggressive, versi dewasa dan sempurnanya rata" dijual seharga 50 ribu rupiah. ( harga wajar, jd pengen beli dehh :’( ).



Demikian beberapa jenis ikan maskoki yang saya jelaskan, sebenarnya masih banyak loh jenisnya sekitar 15 jenis lebih, namun garis besarnya adalah beberapa jenis yg sudah saya sampaikan di atas. 

Cara merawatnya mudah :


1. Peliharalah ikan maskoki di aquarium yang sedang ( jgn kecil2x) pastikan kalian membeli filter aquarium ( banyak dijual di toko ikan , harganya +/- 60 ribu rupiah). Sehingga ikan akan senang sebab aliran airnya mengalir. Supaya ikan lebih bahagia dunia akherat belikan juga oksigen atau air pump yach ( alat ini harganya sekitar rp 15 ribu rupiah).

2. Jangan sering sering memegang air aquarium sebab bakteri di tangan kamu bias membuat air menjadi keruh.

3.  Beri makan 2 kali sehari atau 1kali sehari saja. Sebab ikan maskoki itu rakus, jika sering kamu kasih makan ( missal 1 hari bias 3/5kali dikasih makan) maka ikan ini akan cepat beol dan pipis, ( dimana itu buruk karena kadar ammonia di dalam air bias meningkat) dan itu bias meracuni ikan.

4.  Berilah tanaman air asli di dalam aquarium, sebab tanaman air bisa menetralisir kadar ammonia di dalam air.


5. Idealnya mengganti air aquarium sedang ( ukuran 50-100cm) cukup 2 minggu sekali. Saya bilang mengganti loh bukan menguras. Saat mengganti air, buanglah 1/3 air di dalam akuarium, lali gantilah air tersebut dengan air baru. Di tempad saya lagi musim anak-anak kosan yang mempunyai akuarium kecil di kamar kosannya.Ukurannya sekitar 30cm, dan bisa diisi 2 ekor ikan mas koki, selain membuat kamar kos kamu sejuk, melihat ikan maskoki di kamar bisa menghilangkan stress. Untuk akuarium kecil ( yg biasanya terbuat dr fiber glass) juga ada filter ukuran kecil yang hanya senilai 40-5- ribuan ^^. Filteraquarium tidak memakan listrik banyak, paling besar hanya 12 watt loh. Tunggu apalagi ? ngak mau melihara ikan maskoki?? Buruann sebelum kiamatttt :v wakakak.

CONTOH AQUARIUM AQUASCAPING (AQUASCAPE) :






PERALATAN UTAMA DALAM MEMELIHARA IKAN MASKOKI :










Aquarium
Tentunya jika kita ingin memelihara maskoki kita harus memiliki aquarium terlebih dahulu sebagai wadah meletakan maskoki. Aquarium ada yang berbentuk kotak, bulat, lonjong. Ada beberapa hobiis juga yang menggunakan kolam atau fiberglass sebagai wadah pemeliharaan.



Aerator
Aerator merupakan alat yang memiliki peran sangat vital dalam pemeliharaan, maskoki tidak dapat hidup jika tidak ada aerator karena alat ini berfungsi menyuplai oksigen kedalam air sehingga kebutuhan oksigen maskoki dapat terpenuhi, seringkali maskoki mati jika alat ini tidak berfungsi.


Filter
Filter berfungsi sebagai alat bantu menyaring kotoran didalam aquarium, sehingga kebersihan air dapat terjaga. Jika kebersihan air terjaga maka kandungan oksigen dalam air juga dapat terjaga.

Sikat
Sikat diperlukan untuk membersihkan lumut-lumut yang menempel di dinding aquarium.


Pipa
Pipa digunakan untuk menyedot air kotor di aquarium pada saat membersihkan aquarium.


 









Makanan Ikan
Makanan ikan merupakan salah satu elemen paling penting dalam memelihara maskoki, karena ikan akan mati jika tidak ada makanan. Makanan terbagi menjadi makanan buatan yang berbentuk butiran pelet atau cacing beku dan makanan hidup berupa cacing sutra, kutu air, cacing darah, dll.

12 komentar:

  1. tanya untuk air pump sama filternya harus di hidupin 24 jam ta soalnya aku takut cpet rusak ????????? tolong segera di balas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus dihidupin 24 jam.. kalo tidak kadar amonia dalam air bisa meningkat tajam dan bisa membunuh si ikan...
      jangan lupa ganti air 30% minimal seminggu 1X

      Hapus
    2. wah kalo takut cepet rusak gak usah di kasih waterpum gan, tapi agan kuras setiap 3 hari se x paki air yang sudah di endapkan, mungkin klw di matikan saat memberi pakan sekita 15menit tak apalah, klw ikanya mati beli tempat saya saja gan ada yang 500rp sampa 250rb untuk ikan mas koki, tergantung kualitas ukuran dan jenis, wakakakkaka

      Hapus
  2. tanya dong mas :)
    diatas macam-macam aquariumnya semua persegi panjang/kotak, kalo aquariumnya yang bulet untuk 2 ekor mas koki kira2 harus ukuran berapa liter? 8/12 liter?

    mohon dibalas kilat ya mas keburu kiamat :)

    BalasHapus
  3. bos, mau tanya , tempat beli contoh2 ikan di atas itu dimana ya?minta no telp atau pin bb nya donk...thx ya...

    BalasHapus
  4. mas brow okky jely drink, jangan okky jelek lah bos kan breeder mas koki guanteng kugg,
    gue numpang iklan untuk mas koki segala jenis segala kualitas klik saja tokobasgus.com cari tu ikan hias, atau mas koki pasti jumpa no tlpon saya, tapi jangan di siulin yach no hp saya nanti malu, maklum gades( gadis dese)
    wakakakkak bercanda biar lama tua

    BalasHapus
  5. oky, aq baca baca, kata-kata bisa jadi bias semua,

    BalasHapus
  6. klo ukuran akuarium 60 cm, itu maksimal untuk berapa ikan koki (panjangnya berapa cm)?

    BalasHapus