Rabu, 28 November 2012

MGIS Berbasis Open Source Untuk Pencarian Lokasi Umum Dan Rute Terdekat


         Pengembangan aplikasi Mobile Geographic Information System untuk pencarian lokasi dan rute terdekat sangat penting. Ini disebabkan aplikasi ini sangat dibutuhkan oleh pengguna jalan atau wisatawan yang berkunjung ke suatu daerah yang baru dikenal. Aplikasi ini juga sangat dibutuhkan bagi orang yang hidup di kota besar seperti Jakarta dan Surabaya yang wilayahnya sangat luas, sehingga tidak memungkinkan untuk hafal seluruh lokasi dan jalan menuju lokasi yang diinginkan. Memang bisa mencari lokasi dengan melihat peta konvensional atau kertas, tetapi hal ini tidak praktis. Sehingga teknologi Mobile Geographic Information System menjadikan lebih efisien, mudah digunakan dimana saja dan mudah dibawa.
         Handphone berbasis Android saat ini mulai bermunculan, karena berbagai kelebihan yang ditawarkan oleh Operating System ini, yakni Android memiliki berbagai keunggulan sebagai software yang memakai basis kode komputer yang bisa didistribusikan secara terbuka (open source) sehingga pengguna bisa membuat aplikasi baru di dalamnya. Android memiliki aplikasi native Google yang terintegrasi seperti pushmail Gmail, Google Maps, dan Google Calendar.
        Tujuan jangka panjangnya adalah mengembangkan aplikasi pencarian lokasi dan rute terpendek berbasis mobile yang efektif. Target khususnya yaitu pengembangkan aplikasi Mobile Geographic Information System berbasis Android untuk pencarian lokasi dan rute terdekat.
        Metode atau Algoritma yang digunakan adalah Particle Swarm Optimization karena algoritma ini bersifat heuristik dan memanfaatkan kecerdasan buatan yang menjadikannya lebih efektif dan lebih cepat dalam pemrosesannya.
Kata Kunci : Mobile Geographic Information System, Android, Particle Swarm
Optimization

Tidak ada komentar:

Posting Komentar