Minggu, 08 Juni 2014

Aplikasi Logika Fuzzy pada microcontroller dengan simulasi pengereman kendaraaan bermotor


 Aplikasi pada Microcontroller
Untuk aplikasi pada microcontroller yang menggunakan ATMega 328 diperlukan piranti inputoutput berupa komunikasi RS-232 pada computer. Kapasitas memori yang digunakan sebesar 8Kb dari total memori 32Kb pada ATMega 328. Flowchart program pada microcontroller dapat dilihat pada gambar di bawah:



                                                     Gambar 3. Flowchart Logika Fuzzy pada

Microcontroller
Sedang program untuk membership function pada jarak dan kecepatan dapat dilihat pada list program di bawah:
float MF_jarak(float a, float b, float c){
if ((data_1>=a) && (data_1 < b)) {
member_jarak=(data_1-a)/(b-a);
}
if ((data_1>=b) & (data_1 < c)) {
member_jarak=(c-data_1)/(c-b);
}
if ((data_1 < 2) || (data_1 > 14)) {
member_jarak=1;
}
if ((data_1 > c) || (data_1 < a)) {
member_jarak=0;
}
}

Sedang pemrograman rule evaluation pada
microcontroller dapat dilihat pada list di bawah:
min1=min(u1,y1); //short - low --> moderate
min2=min(u1,y2); // short - medium -->hard
min3=min(u1,y3); // short - high --> hard
min4=min(u2,y1);// medium - low --> soft
min5=min(u2,y2); // medium - medium --> moderate
min6=min(u2,y3); // medium - high --> hard
min7=min(u3,y1); // long - low --> no brake
min8=min(u3,y2); // long - medium --> soft
min9=min(u3,y3); // long - high --> moderate
min10=min(u4,y1); // very long - low --> no brake
min11=min(u4,y2); // very long - medium --> no
brake
min12=min(u4,y3); // very long - high --> soft
sedang Defuzifikasi pada microcontroller dapat dilihat
pada list program di bawah:
pembilang=(min1*50)+(min2*100)+(min3*100)+
(min4*25)+(min5*50)+(min6*100)+(min7*0)+
(min8*25)+(min9*50)+(min10*0)+(min11*0)+
(min12*25);
penyebut=min1+min2+min3+min4+min5+min6+min
7+min8+min9+min10+min11+min12;
out=pembilang/penyebut;
Hasil yang didapat bahwa aplikasi Logika Fuzzy pada Microcontroller dengan simulasi pengereman kendaraan bermotor dapat diaplikasikan dan tingkat keberhasilan 100%. Dimana dicoba dilakukan pemberian input dan output melalui computer dengan menggunakan komunikasi serial RS-232. Hasil yang
didapat 100% tingkat keberhasilannya. Dimana output dapat diidentifikasi dengan melihat derajat pengirimannya. Jika derajat pengeriman ‘hard’ maka derajat pengeriman 100% , moderate 50% , soft 25% dan No brake 0%. Dimana grafik derajat pengereman vs kecepatan dan jarak \

                                Gambar 4. Grafik respon derajat pengereman vs kecepatan dan jarak

Dari grafik response yang diberikan, maka dapat disimpulkan bahwa pada jarak yang pendek dan kecepaatan yang tinggi diperlukan tingkat pengereman yang tinggi (100%). Demikian sebaliknya untuk kecepatan rendah tidak diperlukan pengereman yang tinggi (25%) atau soft. Dari aplikasi logika Fuzzy pada microcontroller, dapat
diambil beberapa kesimpulan bahwa ;
1. Sistem aplikasi Logika Fuzzy pada microcontroller dengan simulasi pengereman kendaraaan bermotor dapat berjalan sempurna. Dengan 4 membership jarak, 3 membership kecepatan dan 4 membership output dengan metode singleton.
2. Output dan input dilakukan dengan menggunakan computer dengan komunikasi RS-232.
3. Total memori yang digunakan dalam pembuatan program aplikasi Fuzzy pada Micrcontroller ini adalah 8Kb dari kapasitas maksimum dari Microcontroller sebesar 32Kb
6. Referensi
[1] Achmad Arifin, “Artificial Intelligent”, Lecturer
Note, Sepuluh Nopember Institut of Technology
(ITS), 2011.
[2] H.Syamsul Bahri, “Sistem kendali Logika Fuzzy
pada motor DC”, Makara Teknologi Proceding,
vol.8 No.1 2004,pp25-34.
[3] Rimuljo Hendradi,M.Si, , Aplikasi Logika Fuzzy,
ITS, 2009.


Mengutip dari:
Sumantri K.Risandriya,ST., MT.*
* Batam Polytechnics
Mechatronics Engineering study Program
Parkway Street, Batam Centre, Batam 29461, Indonesia

Terima kasih atas ilmu yang telah diberikan dengan tulisan bapak Sumantri K. Risandriya, ST., MT. dan semoga bermanfaat bagi orang banyak setelah saya share ini tulisan ini
Universitas Gunadarma
www.gunadarma.ac.id
okky Apriyanta, teknik elektro

Tidak ada komentar:

Posting Komentar