Senin, 28 Januari 2013

AMDAL LALU LINTAS PADA RUAS JALAN DAN PERSIMPANGAN


Pembangunan perumahan berkaitan erat dengan kinerja lalu lintas di jaringan jalan 
sekitarnya. Hal ini terjadi disebabkan oleh pergerakan arus lalu lintas keluar masuk 
perumahan tersebut. Mobilitas penghuni perumahan tesebut akan berpengaruh pada 
tingkat pelayanan jaringan jalan sekitarnya (Level of service/LOS), maka perlu untuk 
dilakukan analisa dampak lalu lintas (AMDALALIN) pembangunan kawasan upaya 
peyeimbangan volume lalu lintas dengan kapasitas jalan, agar tidak terjadi penurunan 
LOS. Dari hasil analisa kondisi lalu lintas setelah adanya pembangunan perumahan 
Spring Tomorrow, bahwa pada waktu pagi hari nilai Derajat Kejenuhan (DS) sebesar 
0,396 sedangkan pada siang hari sebesar 0,290 dan pada sore hari mempunyai Derajat 
Kejenuhan (DS) sebesar 0,482 yang berarti bahwa tingkat kepadatan arus lalu lintas 
terjadi pada sore hari dengan tingkat kejenuhan sebesar 0,482 Dengan hasil analisis
tersebut, bahwa nilai derajat kejenuhan yang terjadi pada 5 tahun mendatang ternyata 
masih dibawah nilai derajat kejenuhan yang disarankan yaitu dibawah 0,80, kondisi 
jalan setelah terjadinya pembangunan perumahan bahwa jalan menunjukkan tingkat 
kepadatan yang sedang atau menunjukkan karakteristik tingkat pelayanan C. Dari hasil 
analisa perhitungan kinerja persimpangan setelah pembangunan menunjukkan bahwa 
Derajat Kejenuhan simpang tak bersinyal mempunyai nilai tingkat kejenuhan diatas 
angka 1 dengan tingkat pelayanan lalu lintas (LOS) F pada kondisi sekarang (Tahun 
2010). Sedangkan untuk jangka waktu 5 tahun yang akan datang (Tahun 2015) 
menunjukkan nilai tingkat kejenuhan diatas angka 1 yang artinya jaug diatas tingkat 
derajat kejenuhan yang disarankan yaitu 0,80 dan dengan tingkat pelayanan lalu lintas 
(LOS) D, yang berarti bahwa kapasitas persimpangan jalan tidak dapat menampung 
pertumbuhan lalu lintas yang akan terjadi tetapi arus lalu lintas mendekati tidak stabil 
dan kecepatan kendaraan masih bisa dikendalikan.
Kata Kunci : level of service, derajat kejenuhan, kapasitas jalan

sumber :http://ejournal.narotama.ac.id/files/2_SRI_UTAMI.pdf /Sri Utami Seyowati

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar