Pendahuluan
Unit ini membahas tentang
permasalahan yang dihadapi kompresor saat beroperasi dan selanjutnya solusi
yang dapat diterapkan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Pada unit anda
akan belajar tentang sistem operasi kompresor pada unit refrigerasi kompresi
gas dan permasalahan yang timbul serta solusinya.
Pada umumnya beban evaporator
bervariasi dengan tingkat yang berbeda-beda. Bila variasi beban evaporator tinggi yaitu pada saat bebrbeban
dan kehilangan beban maka kondisi ini akan berpengaruh terhadap performa
kompresor yang didalam sistem refrigerasi kompresi gas berperan sebagai jantung
sistem. Kondisi seperti itu akan berpengaruh terhadap suhu gas pada sisi
suction valve yang akan dihisap oleh katub kompresor.
Masalah Pembebanan Kompresor
Bila sistem refrigerasi harus
beroperasi secara terus menerus pada kondisi beban minimum, maka akan timbul masalah yang dapat
berpengaruh terhadap umur kompresor. Pada kondisi demikian maka suhu dan
tekanan suction sangat rendah, dalam keadaan yang paling buruk maka coil
evaporator akan mengalami frost, yaitu menumpuknya lapisan es di permukaan
coil. Dalam keadaan ini maka aliran gas refrigeran juga menurun yang dapat
mengakibatkan terjadinya overheat pada motor kompresor karena berkurangnya
pelumasan.
Lapisan Es pada Coil
Bila beban evaporator jatuh pada
harga yang sangat rendah, maka suhu evaporator dapat turun hingga di bawah 32 derajad
fahrenheit sebelum keseimbangan kapasitas antara coil - kompresor tercapai.
Pada kondisi ini suhu akhir udara yang meninggalkan
evaporator sangat rendah, yang dapat menyebabkan kandungan uap air mengembun dan membeku di permukaan coil,
membentuk lapisan es. Formasi lapisan es ini akan menghambat aliran udara ke
coil yang berarti mengambat penyerapan kalor udara.
Over heating
Dalam sistem hermetik maka motor
kompresor didinginksan oleh aliran gas refrigeran yang masuk melewati gulungan
motor. Oleh karen itu bila terjadi penurunan aliran gas refrigeran dapat
menyebabkan kenaikan suhu motor. Bila
batas suhu aman terlampaui maka dapat menyebabkan kerusakan pada motor kompresornya, Untuk mencegah hal tersebut
terjadi maka biasanya pada gulungan motor
dilengkapi dengan internal protector.
Sirkulasi Oli Memburuk
Selama kompresor bekerja maka oli refrigeran
juga ikut bersirkulasi di sepanjang sistem
pemipaannya dan kembaliu ke kompresor. Pergerakan kecepatan oli dari dan kembali ke kompresor dipengaruhi oleh
kecepatan laju aliran refrigeran. Pada kondisi beban minimum, Pergerakan
refrigeran menurun dengan sangat drastis, hal ini dapat mempengaruhi pergerakan
oli. Pada kondisi yang buruk maka akan mengakibatkan terjadinya trapping oil di
evaporator dan di saluran lainnya. Akibatnya lama kelamaan dapat mengurangi oil
level di kompresor. Apa Yang akan terjadi selanjutnya ?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar