Minggu, 27 Januari 2013

pemeliharaan Kompresor (Jilid 1)


Pendahuluan
Unit ini membahas tentang permasalahan yang dihadapi kompresor saat beroperasi dan selanjutnya solusi yang dapat diterapkan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Pada unit anda akan belajar tentang sistem operasi kompresor pada unit refrigerasi kompresi gas dan permasalahan yang timbul serta solusinya.
Pada umumnya beban evaporator bervariasi dengan tingkat yang berbeda-beda.  Bila variasi beban  evaporator tinggi yaitu pada saat bebrbeban dan kehilangan beban maka kondisi ini akan berpengaruh terhadap performa kompresor yang didalam sistem refrigerasi kompresi gas berperan sebagai jantung sistem. Kondisi seperti itu akan berpengaruh terhadap suhu gas pada sisi suction valve yang akan dihisap oleh katub kompresor.
Masalah Pembebanan Kompresor
Bila sistem refrigerasi harus beroperasi secara terus menerus pada kondisi beban  minimum, maka akan timbul masalah yang dapat berpengaruh terhadap umur kompresor. Pada kondisi demikian maka suhu dan tekanan suction sangat rendah, dalam keadaan yang paling buruk maka coil evaporator akan mengalami frost, yaitu menumpuknya lapisan es di permukaan coil. Dalam keadaan ini maka aliran gas refrigeran juga menurun yang dapat mengakibatkan terjadinya overheat pada motor kompresor karena berkurangnya pelumasan.
Lapisan Es pada Coil
Bila beban evaporator jatuh pada harga yang sangat rendah, maka suhu evaporator  dapat turun hingga di bawah 32 derajad fahrenheit sebelum keseimbangan kapasitas antara coil - kompresor tercapai. Pada kondisi ini suhu akhir udara yang  meninggalkan evaporator sangat rendah, yang dapat menyebabkan kandungan uap  air mengembun dan membeku di permukaan coil, membentuk lapisan es. Formasi lapisan es ini akan menghambat aliran udara ke coil yang berarti mengambat penyerapan kalor udara.
Over heating
Dalam sistem hermetik maka motor kompresor didinginksan oleh aliran gas refrigeran yang masuk melewati gulungan motor. Oleh karen itu bila terjadi penurunan aliran gas refrigeran dapat menyebabkan kenaikan suhu motor.  Bila batas suhu aman terlampaui maka dapat menyebabkan kerusakan pada motor  kompresornya, Untuk mencegah hal tersebut terjadi maka biasanya pada gulungan  motor dilengkapi dengan internal protector.
Sirkulasi Oli Memburuk
 Selama kompresor bekerja maka oli refrigeran juga ikut bersirkulasi di sepanjang  sistem pemipaannya dan kembaliu ke kompresor. Pergerakan kecepatan oli dari  dan kembali ke kompresor dipengaruhi oleh kecepatan laju aliran refrigeran. Pada kondisi beban minimum, Pergerakan refrigeran menurun dengan sangat drastis, hal ini dapat mempengaruhi pergerakan oli. Pada kondisi yang buruk maka akan mengakibatkan terjadinya trapping oil di evaporator dan di saluran lainnya. Akibatnya lama kelamaan dapat mengurangi oil level di kompresor. Apa Yang akan terjadi selanjutnya ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar