Minggu, 27 Januari 2013

JENIS-JENIS SISTEM PENYEGAR UDARA


Penyegar udara sentral
Jenis ini merupakan dasar dari kebanyakan jenis penyegar udara yang terdiri dari motor listrik sebagai penggerak, kipas udara, koil udara, pelembab udara dan jaringan udara yang semuanya terleta k dalam satu kotak.Unit pengolah udara tersedia dengan kapasitas 2000 – 1000.000 m3/jam dalam berbagai ukuran. Ada dua jenis unit ini yaitu jenis vertikal dan jenis horizontal (gambar 2.19). Jenis kipas yang digunakan tergantung volume udara dan tekana yang diinginkan. Koil udara dibaut dari pipa bersirip plat yang dibuat dari tembaga  sedangkan siripnya dibuat dari alumunium. Terdapat dua koil udara, yaitu koil untuk pendinginan dan koil untuk pemanasan. Pelembaban udara banyak menggunakan jenis penyemprotan air dan pancaran uap.
Unit Koil Kipas Udara
Unit koil kipas udara adalah jenis ukuran koil sedangkan unit pengolah udara mempunyai ukuran yang lebih besar. Kedua jenis ini koil pendinginannya dan kipas  udara digabungkan menjadi satu.
Unit koil kipas udara tidak dilengkapi dengan koil pemanas (reheat coil) dan pelembab (humidifer) tetapi unit pengolah udara menggunakan perlengkapan tersebut. Bahan yagn digunakan sebagai fluida kerja dari koil pendingin dapat menggunakan air dingin atau refrigeran. Dalam hal penggunaan air dingin yang diperlukan dibuat dalam unit pendingin (chilling unit) sedangkan yang menggunakan refrigeran dipasang unit pengembun atau condensing unit.
Untuk koil pemanas secara umum menggunakan pemanas listrik untuk unit yang kecil, tetapi untuk ukuran unit yang besar menggunakan koil pemanas yang merupakan sistem pipa dimana melalaui pipa tersebut dialirkan air panas atau uap  panas, maka unit ini diperlukan pemanas air atau ketel uap.
Unit Induksi
Pada unit ini menggunakan beberapa basis nosel yang menyemprotkan udara dingin. Dalam hal ini udara dingin dihasilkan pada unit tersendiri kemudian dialirkan melalui nosel tersebut. Pada gambar 2.21 dapat dilihat bahwa unit ini mempunyai kotak udara, nosel , koil udara sekunder dan penutup.
Konstruksi dari unti induksi dapat terlihat pada gambar 2.21 dan 2.22. dalam proses  peredaran udara, dimana uudara primer masuk dimasukkan ke dalam kotak primer dan dialirkan melalui nosel, sehingga udara masuk dengan kecepatan tinggi ke dalam ruang pencampur. Kemudian dengan pegnaruh induksi dari pancaran udara tersebudara ruangan (udara sekunder) terisap dan masuk melalui koil udara sekunder sehingga didinginkan lalu bercampur dengan udara primer dan masuk ke dalam ruangan yang akan disegarkan. Tekanan nosel berkisar antara 25 sampai 790 mm H untuk unit tekanan tinggi dan 5 sampai 12 mm H2O untuk unit induksi tekanan rendah.
Penyegar Udara Jenis Paket
Penyegar udara jenis ppaket terdiri dari komponen-komponen kipas udara, koil udara,  saringan udara dan panci penampung terletak dibagian atas dari rumah. Penyegar udara jenis ini terdiri dari peralatan penyegar dan refrigerator yang terletak dalam satu rumah.
Udara yang terinduksi melalui lubang masuk akan mencapai temperatur dan kelembaban yang diinginkan karena konstruksinya diatur seperti gambar 2.23. kemudian udara tersebut ditekan masuk ke dalam ruang plenum yang ada dibagian atas kipas udara lalu masuk ke dalam ruangan.
Penyegar udara jenis paket yang kadang kala melayani beberapa ruangan, maka udara dimasukkan ke dalam ruangan melalui pipa dari ruangan plenioum. Koil udara yang digunakan biasanya jenis ekspansi langsung (Dx coil) dimana refrigeran cair darikondensor diuapkan sehingga udara yang mengalir melalui koil udara tersebutmenajdi dingin dan kering.
Dalam penyusunan letak komponen, dibagian bawah dari peneygar udara terdapat mesin pendingin yang terdiri dari kompresor, kondensor, pengontrol otomatik peralatan listrik. Daya motor listrik yang digunakan sekitar 7,5 kw dan umumnya jenis hermatik.
Pendinginan kondensor pada penyegar udara jenis paket ada pendinginan udara dan ada pendinginan air kondensor pendinginan udara, kondensor biasanya diletakkan di luar unit tersebut, sedangkan kondensor pendinginan air, kondensor diletakkan didalam unit. Pipa refrigeran yang menghubungkan kondensor dengan mesin penyegar udara diperlihatkan pada gambar 2.24.
Penggunaan penyegar udara jenis paket banyak digunakan dalam berbagai gedung dan keperluan industri. Kapasitas jenis ini antara 3 sampai 10 TR (Ton Refrigerasi).Penyegar udara jenis ini banyak mempergunakan kipas udara jenis daun banyakdengan pengisapan tunggal untuk kapasistas yang kecil dan pengisapan ganda untuk kapasitas yang besar koil udara secara umum terbuat dari pipa tembaga d memakai sirip alumunium jenis refrigeran yang digunakan dengan jenis ekspansi langsung adalah R134o, R12, R22 dan R500.
Penyegar Udara Kamar
Penyegar udara kamar adalah jenis penyegar udara berukuran kecil dengan kapasitas pendinginan udara 0,5 – 2TR (Ton Refrigerasi). Jenis pemasangan dari jenis ini ada yang jenis jendela, lantai daun langit-langit dan jenis dinding tergantung dari kondisi ruangan yang akan didinginkan. Jenis pendinginan kondensor ada denganpendinginan udara dan ada dengan pendinginan air. Sama halnya dengan jenis unit lain, bila pendinginan kondensor dengan jenis udara kondensor biasanya diletakkan di luar kamar terpisah dari unit tersebut sedangkan yang menggunakan pendinginan, kondensornya diletakkan di dalam unit.
Jenis kipas yang digunakan adalah kipas udara daun banyak dipasang dibagian evaporator sedangkan untuk pendingin kondensor digunakan kipas udara propeler. Kedua kipas tersebut digerakkan motor listrik.
Penyegar udara ruangan biasanya berukuran kecil tetapi kapasitas pendinginannya cukup besar biasanya banyak digunakan untuk rumah dan perkantoran.
Jenis penyegar udara kamar jenis jendela yang menggunakan kompresor torak atau pilar konstruksinya dapat dilihat pada gambar 2.25.
Kekurangan jenis ini bila dibandingkan dengan jenis paket bila ditinjau dari segi distribusi udara, penyaringan debu, ventilasi, pengaturan temperatur dan pengaturan kelembaban udara.

Note: Bahan Ajar SMK N 54 Jakarta jurusan Teknik Pendingin dan tata Udara
by> Okky Apri Yanta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar